Selasa, 06 Oktober 2015

ANALISIS TENTANG SISTEM

Jawaban Soal-Soal Mata Kuliah Sistem Informasi MD
Oleh : Sahabat Ujang


  1. Sistem adalah sekelompok elemen yang terdiri dari berbagai komponen atau elemen yang terintegrasi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.Contoh umumnya adalah Negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi-provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negera dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
  2. Sebagai negara yang sudah modern yang didukung dengan teknologi yang maju kita sebagai salah satu elemen dari negara tersebut tidak bisa terhindar dari kemajuan teknologi yang berhasil diciptakan, misalnya sistem teknologi informasi dan komunikasi. Sistem ini sering dijumpai disekeliling kita bahkan kita sendiri termasuk didalamnya. Jika berpijak pada Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) Tahun 1999, maka visi pemerintah RI untuk sistem Informasi dapat dijelaskan sebagai berikut:Terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera, dalam wadah Negara Kesatuan Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin.
  3. Sistem terbuka adalah sistem yang terpengaruh dengan lingkungan luar, karena sistem ini dituntut untuk menghasilkan output kepada pihak luar.Contohnya: microsoft coorpertion, yang selalu selalu mengikuti kebutuhan konsumen yang sudah disurvaei oleh pihak perusahaan, sehingga perusahaan dapat berinovasi dan menciptakan suatu produk yang dibutuhkan dalam masyarakat.
  4. Sistem tertutup adalah suatu sistem yang tidak menerapkan lingkaran umpan balik atau mekanisme pengendalian yang menunjukan sistem terbuka.Contohnya: perusahaan apple yang didirikan oleh steve jobs, perusahaan ini selalu berinovasi tanpa adanya campur tangan dari luar ataupun survei kepada para konsumen, mereka hanya melakukan inivasi dan menyerahkan penilaian produk mereka pada konsumen.
  5. Siklus hidup sistem merupakan proses evolusi yang diikuti oleh pelaksaan sistem informasi dasar-dasar subsistem. Dan proses ini memerlukan pemahaman yang mendalam oleh pengembang sistemnya, sebab banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari perencanaan, analisis, desain, pelaksanaa, dan penggunaan. Jadi intinya ialah bahwa siklus hidup sistem tidaklah luput dari perencanaan yang matang karena tanpa perencanaan dan pemahaman tersebut maka suatu sistem tidaklah dapat berjalan sesui rencana.
  6. Suatu sistem dikembangkan tidak lain adalah supaya mampu memecahkan permasalahan-permasalahan yang terjadi disuatu perusahaan misalnya, meraih kesempatan-kesempatan dan memenuhi intruksi yang diberikan.Contohnya: Perusahaan NOKIA dalam setiap tahunnya perusahaan ini mampu mengeluarkan berbagai model atau type dengan merek yang sama. Tujuannya adalah supaya konsumen dapat menikmati sesuai dengan keinginannya dari hasil produk yang dikeluarkan.
  7. Setiap perusahaan yang mampu atau berhasil mengembangkan sistemnya yang tidak membutuhkan waktu yang lama dikarenakan proses atau perencanaan yang ditempuhnya cukup matang. Akan tetapi proses seperti ini jika tidak melakukan evaluasi dan perbaikan bisa jadi tidak bertahan lama perkembangannya. Sehingga perusahaan harus melakukan perbaikan sistem.Contohnya: Produk handpone Cina, kita ketahui produk ini mampu berkembang dengan cepat tanpa melihat harga ekonomisnya. Akan tetapi kelemahannya adalah sistem atau produk yang dihasilkan ini sewaktu-waktu akan menurun. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar